UKS dirintis semenjak tahun 1956 melalui kerjasama antara Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, Departemen Dalam Negeri dalam bentuk proyek UKS perkotaan.
Untuk lebih memantapkan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah secara terpadu, maka pada tahun 1984 diterbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB 4 Menteri)antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.
A. Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Berdasarkan aspek definisi, Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah antara sebagai berikut :
1. Menurut Departemen Pendidikan & Kebudayaan : UKS ialah upaya membina dan membuatkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui aktivitas pendidikan dan yankes di sekolah, akademi agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah
2. Menurut Depkes RI : UKS ialah perjuangan kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama.
UKS merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk sikap hidup sehat, yang pada gilirannya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal
3. Menurut Azrul Azwar : UKS ialah bab dari perjuangan kesehatan pokok yang menjadi beban kiprah puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak sebaik-baiknya dan sekaligus meningkatkan prestasi mencar ilmu anak sekolah setinggi-tingginya
4. Usaha kesehatan sekolah atau UKS merupakan perjuangan yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di tempat lingkungan sekolah. UKS biasanya dilakukan di ruang kesehatan suatu sekolah.
B. Tujuan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
1. Tujuan Umum
Tujuan diselenggarakannya aktivitas UKS, secara umum untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan penerima didik serta membuat lingkungan sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan anak yang serasi dan optimal dalam rangka pembentukan insan Indonesia seutuhnya.
2. Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan khusus untuk memupuk kebiasaan hidup sehat dan meningkatkan derajat kesehatan penerima didik yang meliputi :
a. Penurunan angka kesakitan anak sekolah.
b. Peningkatan kesehatan penerima didik (fisik, mental, sosial)
c. Agar penerima didik mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melakukan prinsip-prinsip hidup sehat serta berpartisipasi aktif dalam perjuangan peningkatan kesehatan di sekolah.
d. Meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan terhadap anak sekolah.
e. Meningkatkan daya tangkal dan daya hayat terhadap imbas jelek narkotika, rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya lainnya.
C. Ruang Lingkup Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Ruang lingkup/kegiatan meliputi TRIAS UKS yang meliputi :
Pendidikan kesehatan, Pelayanan kesehatan, dan Pembinaan lingkungan sekolah sehat
1. Pendidikan Kesehatan
Pendidikan kesehatan dilaksanakan melalui:
a. Kegiatan kurikuler
Pelaksanaan pendidikan jam pelajaran yang sesuai kurikulum yang berlaku untuk tingkat sekolah dasar ( Pengetahuan Alam, Agama, Pendidikan jasmani ) dan sanggup juga dilaksanakan melalui muatan lokal.
b. Kegiatan ekstrakulikuler
Kegiatan diluar jam pelajaran biasa ( termasuk pada waktu libur ) Yang dilakukan disekolah ataupun diluar sekolah.
Kegiatan tersebut berupa:
1) Kegiatan yang melibatkan warga sekolah dan juga melibatkan petugas Puskesmas
Misalnya:
· Permaianan, Diskusi, Simulasi.
· Aktifitas Kader Kesehatan Sekolah / DOKTER KECIL, Pramuka dll
· Majalah dinding
· Kerja bakti sosial
· Lomba yang ada hubungannya dengan kesehatan.
2) Bimbingan dan penyuluhan kesehatan.
3) Perilaku gaya hidup sehat.
2. Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan sekolah dilaksanakan secara komprehensif ( menyeluruh ) antara lain :
a. Kegiatan Promotif ( peningkatan kesehatan )
1) Penyuluhan dan pembinaan sarana keteladanan disekolah :
a) Sarana keteladanan gizi berupa Kantin ( warung ) sekolah yang memenuhi persyaratan sanitasi, bersih dan bergizi
b) Sarana keteladanan kebersihan lingkungan berupa Pengelolaan sampah, jalan masuk air limbah, kebersihan jamban, kamar mandi dan tidak adanya tempat pembiakan hewan penyebar penyakit.
2) Penyuluhan dan pembinaan kebersihan perorangan penerima didik
3) Meningkatkan kemampuan untuk berperan serta aktif dalam pelayanan kesehatan, melalui kegiatan pembinaan kader kesehatan sekolah tingkat dasar atau Dokter kecil dengan fokus pembinaan pada :
a) Ketrampilan mengamati dan memelihara kebersihan perorangan
b) Ketrampilan mengamati dan memelihara kebersihan lingkungan
c) Ketrampilan mengamati status kesehatan, ibarat mengukur dan mencatat Tinggi dan berat tubuh serta Visus
d) Ketrampilan Pertolongan Pertama Pada Kecelakan (P3K) dan Pertolongan Pertama Pada Penyakit (P3P)
e) Komunikasi, Informasi dan Edukasi
b. Kegiatan Preventif ( Pencegahan )
1) Penjaringan kesehatan pada penerima didik gres / kelas I baru
2) Pemeriksaan Kesehatan periodik :
a) Untuk penerima didik bukan di kelas I. Setiap semester : TB-BB, Visus, HB, Imunisasi
b) Untuk guru berupa investigasi kesehatan secara sederhana, sekali setahun.
c) Pengawasan terhadap penyediaan air bersih, warung sekolah, kesehatan lingkungan
c. Kegiatan Kuratif (penyembuhan )
1) Pengobatan ringan dan pinjaman pertama disekolah.
2) Rujukan medik untuk mengurangi derita sakit, kasus kecelakaan, keracunan atau lain kondisi yang membahayakan nyawa dan pengobatan penyakit-penyakit tertentu.
3) Penanganan kasus anemi gizi
4) Koreksi terhadap kelainan penglihatan dan pendengaran
d. Kegiatan Rehabilitatif ( Pemulihan )
Pemulihan kesehatan terhadap warga sekolah pada insiden yang ada di sekolah
3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat
Kegiatan pembinaan lingkungan sekolah sehat meliputi pembinaan lingkungan fisik, mental, dan sosial yang meliputi :
a. Meningkatkan faktor pelindung terhadap penerima didik
b. Memperkecil faktor resiko yang mengancam kesehatan penerima didik
c. Menciptakan suasana dan hubungan kekeluargaan yang bersahabat dan erat antara sesama warga sekolah dan lingkungan masyarakat.
Makna Logo UKS
A. Segitiga : melambangkan tiga aktivitas pokok UKS, yaitu: 1) Pendidikan kesehatan, 2) Pelayanan kesehatan, 3) Pembinaan lingkungan sekolah sehat
B. Warna hijau pucuk daun pisang : melambangkan penerima didik sebagai generasi muda yang masih akan tumbuh dan berkembang
C. Lingkaran : melambangkan bahwa program-program UKS dilaksanakan secara terpadu antara banyak sekali pihak terkait.
D. Tulisan UKS : goresan pena UKS vertikal melambangkan bahwa aktivitas UKS dilaksanakan mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA
E. Warna putih pada goresan pena UKS : melambangkan bahwa melalui aktivitas pokok UKS dibutuhkan penerima didik sanggup berprilaku hidup bersih dan sehat
Sumber :
http://www.indonesian-publichealth.com/usaha-kesehatan-sekolah-uks/
http://dinkeslumajang.or.id/usaha-kesehatan-sekolah-uks/
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5452482880034725373#allposts/search?q=strategi-promosi-kesehatan
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5452482880034725373#allposts/search?q=strategi-promosi-kesehatan
http://sdkebondalem.ypiisemarang.sch.id/?p=496
Advertisement